Mendapatkan Modal dari Angel Investor

15 Oct 2015 Langkah Mendapatkan Modal

Angel Investor adalah investor yang bersedia memberikan modal kepada bisnis yang baru mau berkembang. Beberapa angel investormembentuk kelompok atau jaringan dengan sesamanya untuk berbagi penelitian dan menguatkan modal investasi, salah satunya adalah Angel Investment Network Indonesia (ANGIN).

Di Indonesia sendiri, angel investor dapat menjadi salah satu opsi potensial untuk mendapatkan modal usaha, terutama saat startupbisnis. Angel investor biasanya adalah pengusaha yang sudah sukses, yang tertarik untuk mengivestasikan modal pada ide bisnis baru. Beberapa tahun terakhir ini, banyak pengusaha senior yang muncul sebagai angel investor di Indonesia. 

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan bagi pengusaha pemula yang ingin mengajukan modal dari angel investor:

  1. Kemampuan dan potensi dari pengusaha pemula. Integritas dan komitmen adalah hal krusial yang akan dinilai oleh angel investor untuk menanamkan modalnya atau tidak.
  2. Modal awal dari pengusaha pemula. Pengusaha yang tidak mau mengambil resiko dengan menaruh modal awal sendiri, meskipun sedikit, tidak akan dianggap serius oleh angel investor.
  3. Business plan. Dari rencana bisnis pengusaha, dapat dilihat potensi usaha dan potensi pasar dari usaha yang akan dilakukan. Dari hal ini, angel investor akan menilai dan mempertimbangkan nilai bisnis dan kemungkinan keberhasilan bisnis ke depannya. Selain itu, semakin berpotensi usaha yang direncanakan, semakin besar kemungkinan angel investor untuk mengambil resiko dengan menanamkan modalnya.
  4. Prototype bisnis. Tidak semua angel investor mau menanamkan modalnya hanya berdasarkan business plan tertulis. Prototypeusaha, dengan produk atau bahkan konsumen awal, umumnya akan menarik angel investor karena model bisnis tersebut sudah terbukti.
  5. NetworkingAngel investor tidak hanya akan menilai pengusaha pemula dari business plan, tetapi juga dari referensi orang sekitar yang terpercaya, seperti rekan bisnis, pengacara, atau akuntan. Dengan memperluas jaringan, pengusaha pemula dapat membangun kepercayaan lebih dari angel investor.

Pengusaha akan lebih berpeluang untuk mendapatkan modal dari angel investor untuk usaha menengah atau besar, melihat dari potensi dan peluang ke depannya. Namun, tidak ada salahnya juga bagi pengusaha mikro dan kecil dengan ide bisnis yang inovatif untuk mencari modal melalui angel investor, bukan?