Biaya-Biaya yang Seharusnya Ditagihkan ke Konsumen

Biaya-Biaya yang Seharusnya Ditagihkan ke Konsumen

15 Sep 2015 Langkah Mendapatkan Modal

Pembuatan dan penentuan faktur (invoice) usaha  seringkali tidak diperhatikan oleh para pelaku usaha, baik itu pengusaha besar, menengah, kecil dan mikro. Para pengusaha harus menyadari bahwa usaha yang mereka lakukan harus sebanding dengan tagihan yang harus dibayar oleh konsumen dan klien. Hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga keseimbangan arus kas usaha. Berikut hal-hal yang terkadang luput dalam perhitungan harga akhir sebuah produk atau jasa:

1. Biaya Konsultasi

Sebelum memulai sebuah usaha, para pengusaha mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi dengan konsumen untuk mengetahui lingkup usaha dan mempunyai  perkiraan biaya yang akurat. Banyak bisnis menawarkan konsultasi awal secara gratis, namun tidak memberikan  saran yang konkret.  Sangat penting untuk memperhitungkan biaya konsultasi di awal untuk menghindari menghabiskan waktu di telepon sehingga mengorbankan pelanggan yang lain.

2. Biaya Transportasi

Jangan lupa untuk memasukkan biaya transportasi ketika usaha yang dilakukan memerlukan perjalanan. Perhitungkan biaya transportasi ini di awal sehingga tidak akan timbul kesalahpahaman dan kesalahan dalam perhitungan.

3. Biaya Akomodasi

Para pengusaha harus menyadari pentingnya memasukkan setiap biaya dalam akomodasi ketika melakukan perjalanan bisnis. Para pengusaha hendaknya memperhitungkan dan memasukkan tagihan akomodasi  dan biaya insidentil selama perjalanan. Dalam penentuan biaya ini, hendaknya para pengusaha tetap profesional sehingga tidak ada penyimpangan dalam memperhitungkan biaya akomodasi, hanya akomodasi yang memang terkait dengan pengembangan bisnis yang dapat dimasukkan ke dalam faktur.

4. Biaya Penelitian

Setiap pekerjaan dan penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis memiliki potensi untuk dimasukkan ke dalam faktur, termasuk waktu yang dihabiskan untuk memikirkan ide-ide. Perhitungan biaya ini juga akan membantu para pengusaha mengetahui berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk memikirkan dan menyelesaikan poin tertentu .

5. Biaya Administrasi

Terkadang para pengusaha lupa untuk memasukkan biaya administrasi, seperti biaya untuk pembelian alat tulis, dalam rincian pengeluaran yang selanjutnya digunakan untuk menentukan harga barang atau usaha.

6. Biaya Mailing

Ongkos kirim dan biaya pengiriman harus dibebankan kepada pelanggan terkait. Jangan lupa untuk menyertakan perhitungan perlengkapan pengiriman seperti  biaya bahan kemasan.

7. Biaya Administrasi Bank

Untuk mempermudah transaksi, para pengusaha menyediakan pembayaran online dan menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Memasukkan biaya administrasi bank adalah hal yang lumrah dalam penghitungan akhir harga barang dan jasa.

Biaya-biaya tersebut merupakan biaya yang terkadang luput dalam perhitungan untuk menentukan harga sebuah produk atau jasa. Dengan memasukkan tujuh biaya di atas, diharapkan arus kas akan tetap seimbang sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik, tanpa merugikan salah satu pihak. (RD).

Sumber:

Hendrics, Drew. “8 Expemses Businesses Should Pass on to Customers.” Billing. (2015): Entrepreneur. (http://www.entrepreneur.com/article/248664). August 24, 2015.