Manfaat Pelatihan Kewirausahaan bagi Para Pengusaha

18 Sep 2015 Pelatihan dan Penyuluhan

Untuk memajukan sebuah usaha dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni dari para pelaku usaha tersebut. Seminar dan pelatihan kewirausahaan yang tepat dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan soft-skill dari para pelaku usaha, tidak hanya para pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), namun juga pengusaha pemula dan para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Menurut Beach yang disadur oleh Sofyandi (2008) tujuan dan manfaat pelatihan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pertama, mempersingkat masa belajar untuk memenuhi standar kinerja yang ditentukan. Dengan mengikuti pelatihan sebelum memulai usaha, para pengusaha mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis mereka sehingga mereka dapat bekerja secara optimal, tanpa harus meraba-raba terlebih dahulu langkah apa yang harus dilakukan dan dapat memaksimalkan waktu yang ada. 

Kedua, meningkatkan kinerja pekerjaan. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam menghadapi pekerjaan-pekerjaan yang sedang dihadapi, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien, serta dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru bagi bisnis mereka

Ketiga, pembentukan sikap. Pelatihan diharapkan dapat membentuk sikap dan tingkah laku para pengusaha dalam menjalin hubungan baik antar pengusaha, pengusaha dengan patner bisnis, pengusaha dengan karyawan, maupun pengusaha dengan konsumen.

Keempat, pelatihan membantu memecahkan masalah-masalah operasional perusahaan sehari-hari seperti mengurangi kecelakaan kerja, mengurangi absen, mengurangi masalah-masalah operasional lainnya.

Kelima, pelatihan tidak hanya mempunyai tujuan jangka pendek tetapi juga jangka panjang, yaitu mempersiapkan para pengusaha memperoleh keahlian dalam bidang tertentu yang dibutuhkan perusahaan, seperti dengan mengambil beberapa sertifikasi dalam bidang yang dibutuhkan.

Manfaat terakhir dari pelatihan adalah mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni sehingga para pengusaha memperoleh rasa aman dan dihargai, dan menimbulkan kepuasan dalam dirinya.

Disamping keenam manfaat tersebut, terdapat juga keuntungan lain dari mengikuti suatu seminar dan pelatihan kewirausahaan seperti menemukan patner dan mentor yang tepat untuk usaha yang akan dan sedang dijalani.Hal utama yang perlu diperhatikan adalah para pengusaha sudah benar-benar memahami usaha mereka sehingga para pengusaha tahu dan mengerti benar seminar dan pelatihan semacam apa yang harus mereka ikuti. (RD)

Sumber:

Admin. “Manfaat Pelatihan bagi Perusahaan.” (2012): ReFrame Training Center. (http://reframepositive.com/manfaat-pelatihan-bagi-perusahaan/). August 21, 2015.

Admin. “Manfaat Pelatihan bagi UMKM.” (2012): ReFrame Training Center. (http://reframepositive.com/manfaat-pelatihan-bagi-umkm/). August 21, 2015.