Pentingnya Inovasi dalam Usaha Kecil dan Menengah

12 Oct 2015 Pelatihan dan Penyuluhan

Usaha kecil dan menengah (UKM) dan kewirausahaan merupakan sektor penting dalam perkembangan ekonomi regional. Kesulitan dalam mendapatkan modal adalah tantangan yang umum dalam memulai dan mengembangkan UKM. Namun, pengembangan inovasi merupakan tantangan tersendiri untuk pendiri UKM.

Ada dua langkah penting yang dapat membantu percepatan pertumbuhan usaha, antara lain: diversifikasi produk, yaitu memperluas jangkauan produk dari usaha yang sudah ada. Inovasi produk dapat memberikan banyak opsi kepada pasar, sehingga usaha bergerak maju lebih cepat. Selain itu, sedikit inovasi dari produk juga dapat membuka peluang untuk memperluas pasar; pengembangan produk, yaitu dengan memperkenalkan produk baru yang orisinil. Hal ini merupakan strategi yang umum dilakukan, namun tantangannya terletak pada skill dan kegigihan untuk menghasilkan produk yang benar-benar inovatif dan diterima oleh pasar.

Untuk UKM sendiri, menjalin hubungan dengan partner dan usaha gabungan (joint venture) dapat memberikan peluang lebih dalam memperkaya modal dan meningkatkan usaha. Secara umum, inovasi dalam suatu kelompok antar-usaha dapat mendukung usaha yang sudah ada atau bahkan memberikan kesempatan dalam bisnis baru untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jaringan yang terbentuk dari gabungan usaha kecil dapat tumbuh menjadi jaringan usaha yang besar dan secara masif dapat berdampak pada globalisasi kegiatan ekonomi.  Dengan demikian, progres ekonomi secara regional dapat dicapai pada akhirnya. Didukung dengan manfaat dan keleluasaan dalam kebijakan inovasi dan kewirausahaan, UKM dapat bertahan dan tumbuh dalam kondisi ekonomi yang fluktuatif dalam pasar produk dan teknologi.