Sarasehan Kewirausahaan II: Cara Mendanai Usaha

18 Sep 2015 Pelatihan dan Penyuluhan

Sebagai program berkelanjutan dari KADIN-Business Support Desk, Sarasehan Kewirausahaan II diadakan pada tanggal 7 April 2015 dengan mengundang pemilik Restoran "Ayam Jantan", Masbukhin Pradana. "Bagaimana Mendanai Bisnis Anda" merupakan tema untuk pertemuan kali ini.

Dalam pertemuan ini, Masbukhin Pradana berbagi pengalaman, termasuk suka duka dalam menjalankan bisnis. Beliau memulai usaha sebagai penjual voucher pulsa ketika masih menjadi karyawan di Toyota Astra. Bersama dengan rekan-rekannya, beliau  juga membuka restoran kecil di dekat kantor. Pada tahun pertama, usahanya tidak berjalan lancar, padahal dia ingin memperluas bisnisnya dengan membeli properti yang tentunya membutuhkan lebih banyak uang dan modal. Beliau pun mencari lebih banyak investor dengan mendekati teman-temannya sehingga mereka bersedia berivestasi  dalam bisnisnya. Hasil kerja kerasnya dapat dilihat saat ini, sekarang beliau telah mempunyai empat cabang Restoran “Ayam Jantan,” PT. Masbukhin Pradana (bisnis voucher pulsa), dan PT. Sawit KUALITAS Utama yang menyediakan pasokan bibit kelapa sawit. Sekitar 150 karyawan bekerja di ketiga sektor tersebut.

Kunci utama menjadi seorang pengusaha adalah optimis dan berani mengambil risiko. Beliau juga menyatakan membangun bisnis mandiri merupakan proses pembelajaran, di mana kita dapat belajar bagaimana mengatur sebuah bisnis. Untuk mencari investor, pertama dapat dimulai dengan menghubungi teman atau keluarga yang bersedia menginvestasikan uang mereka ke bisnis yang sedang dijalankan, bisa juga mengajukan pinjaman ke bank. Sebuah rencana bisnis harus juga dikembangkan untuk menentukan pasar  dan untuk menentukan pembagian hasil, dan pembuatan laporan. Selalu mempromosikan bisnis di setiap kesempatan untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki konsep jelas yang dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak. Selanjutnya, beliau juga menambahkan, bahwa para pengusaha sebaiknya hanya memiliki satu fokus di awal usaha. Mendapatkan keuntungan besar bukanlah menjadi fokus awal usaha dan jangan ragu untuk mempromosikan bisnis anda apabila membutuhkan lebih banyak modal. Dokumentasi Sarasehan Kewirausahaan ini dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=3RIk_jTAqNA. (WL)

Video